Monday, December 27, 2010

tentang bahasa

                                                                              
Aku bukanlah sesuatu yang biasa, menurutku
Dan menurut mereka yang mampu memahami makna hidupku
Bukan hanya seperti  angin yang  membawa serpihan-serpihan kerinduan,
Tetapi bunga, yang mampu memberikan arti hidup yang sebenarnya
Dalam itu pasti, tak ada lagi perasaan rancuh terhadapku, sama sekali
Sebagai obat penawar hati di dalam jiwa yang terkadang sepi

Akulah sosok yang luar biasa, bila mampu kau pahami
Tak akan ada kelemahan yang pasti
Hingga sampai nanti kau lalui hari-harimu yang terkadang tak berarti,
Tanpa diriku yang selalu menemani hati,  tak akan mati
Sebagai sosok seribu dewa yang mampu menjinakkan keluhan hati
Bahagia, rindu, sedih, dan pilu
Bagiku, aku tetaplah si penguasa hati

Aku bukanlah sesuatu yang patut dibenci, tak pantas sekali
Untuk mereka yang terkadang merasa sepi dan tak mau mengerti
Hidup yang biasa tiadalah menjadikan mereka seperti bunga yang warna-warni
Ah... jangan lagi kau keluhkan  suasana hati yang begini
Tetaplah engkau berdiri bersamaku di sini
Si penguasa hati, yang tak akan mati
Percayalah, aku tetap disini untuk jiwamu yang terkadang mengiris suasana hati

Bahasa, itulah aku...
Sudahkah kau mengerti?
Maka bersiaplah untuk menenangkan hati, bersamaku disini
Yang tak akan mati, sampai  engkau terkubur bersama jasadmu yang asli
Aku akan tetap berdiri, tetap sebagai sandaran hati
Sampai tak ada lagi rintihan yang tiada arti sama sekali...
Dari jiwa-jiwamu yang telah mati..
by: muzi i assalawi juara 2 lomba puisi tk nasional tema: bahasa 

Sunday, December 26, 2010

Maen serong sesion 1 *lupa ma kepanjangan maen serong intinya 2nd lorong dah

Lorong Dua,,, C2,,
Keseruan di dalamnya selalu ku kangenin,, setiap sudutnya membekas di hatiku,,, begitu juga kamu,, senyum,, ketawa,, dan tingkah mu jadi bagian hidup yang ga akan ku lupa,,http://www.emocutez.com
hhahaha,,,,
*udah udah vic gasah dilanjut,, yang gitu2an,,http://www.emocutez.com hahhaa
oke,, hampir setahun gue tiinggalin tuh gedung C2,, rasanya kangen juga pengin maen ke sana,, ke kamar 126 C2,, mw numpang ngebo di kasur kesyangan gue,, sih,, hbis tuh kasur dah gue tambahin peta2,, haha *iler dan kecing http://www.emocutez.com mksudnya.. hhaha dan itu ngngenin,, oups,,mv ya,, yg sekrng di kamar itu...
Wah klo bicarain satu2 pnglamnnya kayne skipsi lewt,, hmm, ok,, mulai dari awalnya,, *vic jgn blang mau dari awal lu ceritain,,,http://www.emocutez.com gda waktu gue,, hhee
jadi di lorong,, gue paling suka belajar,, *anjirrr,, gaya bner blu vic, hehe hahha,, ya gue akuin gue mang cukup rajin dalm belajr,, mpe2,, PR temen gue krjainn,, hahha *jelas boong..http://www.emocutez.com
*ok vic maksih,, mending lanjut,, hahah,,  hmm, jadi di lorong,, gue paling suka jelajah kamr orang utk sekedar cari makanan,,http://www.emocutez.com *busuk lu mah vic,, maaf ya teman2,, jadi itu niat yang selama ini gue lancarkan saat ke kamar kalian temn,, hhaha * ga lah,, gue k kamar kalian buat berbuat baik,,  buat nghibur kalian,, buat ngasih perhatian,, dan sekedar mampangin wajah manis gue,,http://www.emocutez.com *wuakk wuakk, http://www.emocutez.comsial lo vic,, tmen2 inget ga saat kita pertama soga,, kalian ingat tingkah gue kan,,?? *yang mana vic,, yg ada lu udah alay aja, hhaahha.. ok,, just buat lu pda ingat ja,, *pdahal gue ndiri lupa ngapain., beberapa kejadian yang gue inget,, saat Mr U lagi ngecabul ma anak2,, *gue ga sbut merk kan,, lalu saat kita mw uts uas,, dan masih da ja kegaduhan di lorong kitaa,, saat puasa romdhan tuh,, cobaannya berat,, buat kuliah,, cpe aja *halah lu vic,, pdhal nebeng ma pijar juga,, hhaa.. yah kangen dah ma kalian,, belum saat kita ke kebun raya,, saat ke kandang rusa, saat ke cifor,, gilaa ampun dah anjir,, semua bikin cape hhahaha *semuanya bikin kangen vic,, haha * http://www.emocutez.comso sweet,, hehehe,,, oke teman,, ntar kita lanjut lagi posting tentang kita lorong dua,, gue mau sholat dulu *alhmdulilah,,

Friday, December 24, 2010

Bapak

Pa.. Ini putramu, muzi.
Bukan putra kesayanganmu, bukan pula putra kebnggaanmu. Memang dedikasimu begitu besar untuk zi. Kau ajari zi bgaimana cranya untk hdup dlam keterbtasan, bgaimana cranya hdup bermasyarakat, bgaimana cranya hdup ala "gue". Sesuka kita bertindak asal kita senang dan bnyak dikenal tetangga. Untuk "gue" zi tdak menyetujui itu pa,, itu pengecut menurut zi. Bgaimana bisa qt meninggalkan masalah yg justru harus qt genggam dan hancurkan?? Qt pemimpin pa, tak baik kalau sdikit api di dpan mata saja kau lari entah ke mana anakmu ini mencri tak ada.
Pa,, aku ingin berbeda dgan 2 saudara laki lakiku. Aku tak ingin menyamai mereka. Langkah hdup mereka yang hanya bisa kau serahkan bgitu saja. Tapi jangan kau tanyakan aku ingin jadi apa, karena sampai saat inipun aku tak tahu. Bapak tentu tahu pula bhwa cita citaku hanyalah umbaran ambigu, yang tak jelas dan slalu berubah ubah, bpak tentu ingat smasa kecilku dulu, aku mengatakan ingin menjadi p0wer rangers biar bisa membela keluarga kalo ada m0nster menyerang. Bpak tertawa disana. Sdikit pemberitahuan, aku malu pak, anakmu ini seperti tak punya plhan lain saat kau tanyakan cita citaku yg lainnya. Menjadi polisi. Bukan keinginanku pa, itu semata untk membungkam tertawaan bpak. Aku ingin sdikit membwat bpak bhagia meski palsu dariku.
Bapak, aku, anakmu ini skarang sudah dwasa. Lihatlah bulu dibwah hdungku, tumbuh subur meski samar samar. Di daguku apalagi pa, bulu kesayanganku tumbuh. Jumlahnya mash sdkit. Baru enam biji kalau bpak mau menghtungnya. Bpak sudah tahu kedwasaanku bukan? Aku berharap tak ada lagi paksaan langkah hdup anakmu ini. Tapi, semua sumbangsihmu tentulah mash kuterima. Bpak, anakmu ini sudah menancpkan impian yg terdlam. Bukan menjadi p0wer rangers tentunya, yg bru kusadari leluc0n masa kecilku yg luar biasa. Bukan pula menjadi se0rang p0lisi, seperti kbh0ngan kataku waktu itu. Bukan se0rang tentara, d0kter, ataupun tentara. Kenapa?? Tubuhmu mulai renta, uban di kepala juga mulai merata, keningmu mulai membentuk kerutan kerutan kelelah
by: Muzi i assalawi,, (my best friend)

ngehedonn,, ria,, lalala llaa

asslamualaikum,, hi guys,, how are today,,
now Im in my campus,,
Tapi guys,, dsni sepi bgt,, hmm napa ya??
*pura2 lupa kalo ni liburan,, dan sedih aja gw ga pulang,,http://www.emocutez.com....
Tapi ga masalah sebenarnya,, walaupun orang rumah pada nyariin gue gito,,http://www.emocutez.com,, hmm hmm
But,, Actually I enjoy this holiday,, contohnya semalam,, gue, wilaga dan nurul pergi hedon breng,,, ajep-ajep,, *ga gitu juga vic,,
Awlnya kami mau ke kampus guys,, eh,, tiba-tiba terlintas di otak kami,, *wilaga sih pdhal,,  jadinya kami mutusin untk tidak turun dari angkut,, dan berencana ke kota untuk ngegembel.. http://www.emocutez.com.. hmm shock aja sebnarnya,, cz kami cuma bawa masing2 20 ribet,, *ribu maksudnyahttp://www.emocutez.com.. tp yaudin,, kami nekad ejjee. ksna..
lala lala lala, kami mulai naek angkut,, and dengan alay nya juga kami foto2,, http://www.emocutez.com,, malu2in emang lu will,,, hahaha *gue juga ikut sih,,
Akhitnya kami nyampe di tujuan kami yaitu ekalokasari,, hmm,, Jadi ni tuh bnernya rempong ya,, awalnya mau ke kampus buat ngeNet pake laptop,, ehh malah jalan,, jadi yang ada gue msti bawa2 tuh kotak ajaib yang beratnya 8 ton,, *laptop merk apa vic seberat itu..
lalu,, saat kami disana kami mulai menelusuri jalan,, hingga kebimbangan membawa kami ke XXI,, hmm yah,, studio foto,, nononon,, studio movie,, *gaya
kami mutusin buat nton film yang rada mikir yaitu,, "tron" bla bla gtu,,
Anjir,,, tuh film bgus abiz,, ampunn,,, wow great,, i like that,,http://www.emocutez.com *pliss vic sadar,,,
lalu after that,, we decided untuk walking2 gtu,, smbil nghirup udara malam,,, *wuzhh *wuzhh *efek angin,,
Oya, mbil nunggu film dimulai, kami makan di KFC lho!!! *byasa eje vic..
yang awalnya cuma mw mkan di "megarasa" dekat kampus,, mlah jadi ke toko ayam amerika,, huft,, jd tekor gue,, mlam itu http://www.emocutez.com
ydah,, seblum pulang kami mampir lagi ke stasiun,, buat beli VCD film lagi,, cz ketagihan gitu,,, hahha,,
akhirnya,, setelah berabad-abad,, kita nyampe juga di dramaga kampus gue tercinta Bogor agricultural university,, sekitar jam 12an..*wuizz *wuizz *efek yg ga jelas,,
Lalu kita ke kosan uyung buat nton VCD nya,, tapi karena udah malam,, jadinya kita lewat belakang biar ga ketahuan satpam perumahannya http://www.emocutez.com hemmhemm hemm http://www.emocutez.com,, hihii,,
hingga akhirnya kita malah nyenyak,, tdur disna,, http://www.emocutez.com,,, zzz zzz
Lalu,, tiba2 gue dibngunin uyung,, dan dy blang,, pergi kau dari siniiiiiiiiii *ga seperti yang kau bayangkan guys,, haha
jadi kami ketahuan ma pa satpam dan kami disuruh pulng,, pak satpamnya dah nunggu gue keluar,,http://www.emocutez.com mampus ja gue,, gue cukup tkut cz d perumhan itu memang perumahan dosen juga,, mampus http://www.emocutez.com...
tapi sykur alhamdulilah wa syukurilah,, slamat eje kami,, dan itu sudah jam 2 malam,, kami berdua gue dan wilaga hrus ngengsott pulang,, huhuhu http://www.emocutez.com.. hingga akhirnya gue nympe di kosan gue, dan ngeboo,,, hahhaa,,

menyenangkan mlam itu,, kami benar2 lepas dari sangkar dah,, haha,, ada senang,, ada takutnya,, ada sedihnya,, so complicated ejee,,
tx ya uyung n wilajong,, mlam itu,, enjoy abiz dah,, walapun awalnya kita mw nayri ide tapi ga dapat2,,, hhaa,, uyung gue masih utang 36 ya?? uhuhuhhuhu

Thursday, December 23, 2010

Yeah,,, You are,,,

hi you guys,,
how are today,,
I want ask to you,, hmmm do you have true friend??
and after that,, Are you sure him/his is your true friend??
or just from you,,,
Ok, I think u must believe about that,, because now I have them.. Ok, I said "them", cause I have 4 true friends umam, pungki, mudi and gilang,, hhahaha,, just kiding,, i have more than them,, hehe,,such as egyn, laras, dewi, agus, irham, uli, rizma, putri,eva, zen, etc.. they are my friends in senior high school...
but actually they more care than the others,, heheh,, but, I must give the best for everyone,, amin..
now, Im in Bogor Agricultural University,, in here, i haven't found same like them,, I think no problem, because take a long time for it. Now, I just give the best from me, and i trust I will find them. They will love me, like me to them,, and then we can get our dreams together, ahhaa,, now, Im so happy cause they ready coming to me,,,,, I cant mention one by one,, but, if you feel close with me,, So im promise to help u in your problem,, can stand up around you... cause i know,, U are my family,,,  and then so that, I can give the best for everyone cause it is a pleasure,,, hahahhaaa,,

check this song,,,
baru saja berakhir
hujan di sore ini
menyisakan keajaiban
kilauan indahnya pelangi

tak pernah terlewatkan
dan tetap mengagumiNya
kesempatan seperti ini
tak akan bisa dibeli

bersamamu kuhabiskan waktu
senang bisa mengenal dirimu
rasanya semua begitu sempurna
sayang untuk mengakhirinya   

lawan keterbatasan
walau sedikit kemungkinan
takkan menyerah untuk hadapi
hingga sedih tak mau datang lagi

bersamamu kuhabiskan waktu
senang bisa mengenal dirimu
rasanya semua begitu sempurna
sayang untuk mengakhirinya
by: Ipang,, sahabat kecil,,,

Tuesday, December 21, 2010

AgriaSwara,,, in Bali,, hahhaa


Wanna be one heart,,

familiarity night,, of Agria Swara.. http://www.emocutez.com
Mars 2010 is called form us for this event...
this event is so amazing for me. Because many things are so funny in there. Example: Games, sharing, and eating,, hahhaha http://www.emocutez.com
this event present by Forixanria, with a chairman of committee is Mansyur T1. the participants of this event are 43, 44, 45, and Alumni.
One of the games is lady gaga's style. From each group were taken one person to be imitated like lady gaga's style... its very fun.... And the winner of this game is yanida team. lets look this foto..
hahhaha,, yanida is so cute with lady's style.. with a long dress made of news paper and straws in his face...hhehee
hahha,, after that, we share about our experiences in agria swara,,,,,http://www.emocutez.com *so sweet,, hehe.... and then we play uno card until morning,,
Btw, I and miko be MC suddenly in this event.. it makes me shockedhttp://www.emocutez.com but i think that's no bad,,, heehee
next day,we play and look for a coin in the swimming pool. Who found the coin, can be the winner ,, and the winners of this game are Ka meli and ka Ario,, *not me http://www.emocutez.com
after playing games, we were photographed in a swimming pool. with amazing views like bali island. Look this photos,,haha,, *

Thursday, December 16, 2010

How,, u study in class??...... Check this out,,

good afternoon,,
hi guys,,
Menrut kalian beljar di bangku kuliah gmna sih???? gw rada bngung aja http://www.emocutez.com,, kenpa terkdang gue ga mood beud buat cengong mantengin slide kuliah,,,*sering sih pdhal,,   pa lg lihat dosennya,, hahaha *just kiding sir,, hmmmm,, terkdang gue ngebooo juga di kelas,, mpe ngileeer mlah,,, *zzzz   
What happen aya naon atuh??
pernah gw  coba mengamati tman2 gue di kelas,, n gw melihat bebrapa fakta aneh dr mreka,,, kita coba menganalisis ya.....
First, Mr. S. loe thu,, dy tuh jarang bgd buat merhatiin kuliah,, ada ja yang dy lakuin di kelas, slain ngbrol, xmxan, baca2 buku,, *komik atau koran tapi,, hihihi..  tapiii amazed bgd buat gw after gw nengokin nilainya,,, cepp cepp cepphttp://www.emocutez.com #kagum critya... nilainya always di atas rta2,,
Ada lg Mrs. C,, hmm dy itu ga pernah dikit pun ngedipin mata saat kuliah,, n tngannya jga ga cpe buat goyang2 gergaji bt nyatet,, *wuihhh  amzing parah,,  cause of that,, nilainya pun gsah ditnya,,  ntar lu siyok ajee lihatnya,,,
Selanjunta Mrs. T,, gulai dy,, very busy abizz dah,, organisasinya itu loh yng dia koleksi,,, terkdang gue pkir dy niat ke IPB buat organisasi,, drpada kuliah,, hahhaahha,, tp Nilainya msh fine2 ja kok,,
Next person,, Mr. H,, dy santai bgd kuliahY,, tp Well prepared abizz lho,, lo mw ujian,,, Ktanya sih pke the power of kepepet,, *jurus apa tuh,,
Adalagi yng kerjaannya di kuliah tidur doank,, hhahaa *lo bisa sih gw saranin bwa bantal,, hahaha..http://www.emocutez.com
Dan bebrapa juga yang bener2 niat kuliah abizz,,, hidupnya just study hahahaa,,, *enggaa gue bgd,, hehhehe... bebrapa diantrnya berkblikan 180 derajt,, yaaahh, mreka lbih suka maen2,, n hedon abizz.,, hehe


Finally,, Bgaimnapun cara lu blajar,, sesunguhnya,, gue yakin itu yang paling comfort bt luu,, sebnarnya
yang terpnting adlah lu mampu tnggung jawab dngan pa yang telah di perbuat,, lu msti ingat untuk pa lu ke Institut Pertanian Bogor.. *hanya lu yang bisa jawab,,,   buat yang diklas gbsa konsen blajar,, ya lu mesti ngejar ndiri di kost-an,, *cape2 deh,, hhe   atau sebliknya lo mang lu ga mw belajar di rumah lg n tinggal ujian aj,, ydh pantengin tuh dosen n slide,, 

Gue rasa sgitu ja,, qta ngomongin orng,, n kita ga harus juga untuk ngikut2 orang,, yang terpnting balik lg qta msti bertangug jawab dgan pa yng kita buat,, cz gue yakin lu pngin kan bnggain orang2 yang syang ma lu,, orang2 yang telah berkorban, baik materiil maupun suport,, *anjiirrr mampus bhasa gue, haha http://www.emocutez.com.

Ok, thanks 4 attention,, its just share from me,,, I hope u like this,, 

good bye,, see you next posting.. 

true friend,, where are u??

Hi, guys,,, how are u?
Skarng ni gw bener2 lg sendirianhttp://www.emocutez.com, tnpa satu orang pun loh dsini.. sedikit mernung, sebnrnya ini terjadi krna gada yang mw nemnin gue,,, atau gw yang lari2an,, hahhahaha,, ga ngerti dah,, kalut abis gw. but, its no problem... mgkn gw mang butuh shbat yang dkat,, true friend gitu,, *http://www.emocutez.comgaya nya..
tp,, dy juga ga hrus nempel trus ma gue kan,, *dah kaya kapang ja ntar jdinya..   hmm mybe they have thing yng hrus dikerjain.. Tp jujur gbsa gue pungkiri lo gue mang btuh yng namanya teman deket,, aplgi skarng ni gue lg di negeri orang,,, *bogor mksudnya,,,hahaha    gue btuh tmen yang bisa berbagi ma gue,, gue btuh dy untuk tertwa n hedon breng dan stu yng peting, gw btuh dy untuk jadi tongkat gue saat gue pincang,, http://www.emocutez.com*anjirrr,, 4l4y parah,, haha   mksudny mw breng gue jga saat duka.. Nowdays,, gue di semestr 3, dan di kmpus gue ni,, bru msuk jurusn neh sem 3, so,, gue bru ngenal lg orang2 bru di klas..
Actually, gue dah punya true friends yg gue omongin di atas,,, *mana vic,,,???? tp syngnya gw terpisah jarak n waktu neh,, *edaann,,,, n sekrang gue lg dlam pencrian,,

hmm,, bngung, bngung abiz,, gue mrsa blum ada yng klop bgd bgd dgn gue, and then gw pkir mang ga bkal da juga,, so sbnarnya ga mslah syapun dy, asl dy bisa jd objek tmpat gue berbuat baik ja,, hahha *rezz abizz... tp, lo disuruh untuk bsa dkat dengn smua tmen kelas kyne juga angel bged dah,, *angel=sulit (www.bahasaenyong.com)...  Cz gw pkir setiap orang pasti punya kriteria tertentu untuk dkat ma orang, bsa karna dy cakep,, pintar,, rajinnhttp://www.emocutez.com,, tajir atao gilaa,, yaaauu, apaun itu..       jadi sngat sulit,, buat gue, bhkan jika gue orangnya baiiiik minta ampun juga lo mang ga cocok ya,, imposible ejee..

Yang skrang ni gue lakukan ya coba do my best aja dah to everyone,, as a human...ke human yng lain,, krna hakekatnya,, kita mesti dapt mjga hubungan baik dngan Tuhan dan juga manusia...
I hope,, there are true friends around me.. yang bisa juga slalu gue sayang dan dapat bangga punya tmen kya gue,, aminnn

Ok, Ithink enough,, just curhat ajee,, hheee,, moga kita bisa manjaga pershabtan kalian dan berbuat baik untuk orang lain,, aminnn

Tuesday, December 14, 2010

intoducing of business

Assalamualikum,,
Hi everybody. how are u today. Now, I am discussing about human resources management in introducing of business subject. Lecturer is very confuse to choose which group wanna present about our paper. My group are disappoint because we failed to present our paper today. lecturer said, "You have much score in the class, so maybe u can present next time". But my team think that our group never present, only once in the first class. But, it's no problem, because at least we have much score. hahhaaa...
special thanks 4 Mrs. Yanti Muflikh..
and my group: Machi, ditta, diaz, and yana.
wassalamualaikum.

wilaga's birthday

Hi, today its complicated day... u know why?? Because i must be a bad person. hahhaa... I have pretended to be angry with wilaga. today is wilaga's birthday. at first, He feels nothing special in his birthday. but i dont think so. I think its very special, because everyone in agribusiness celebrate his birthday.. with our ignorance certainly. hhahaa.. we drown him in the pool. we throw him with eggs... everyone is happy because of that. happy birthday wilaga wish u be better person. U can get u'r goal. U can be entrepreneur, leader, and achiever. hahahaaa... good luck boy..
made the people who love u proud to u.

Monday, December 13, 2010

Diversifikasi pengolahan ikan patin

Latar Belakang
Hasil perikanan merupakan kekayaan alam Indonesia yang memiliki potensi cukup baik untuk dimanfaatkan. Bagaimana tidak, berdasarkan data Badan Pusat Statistika 2010, produksi ikan tahun 2007 seperti budidaya ikan laut sebesar 1,509,528 juta ton, sedangkan untuk budidaya tambak sebesar 933,832. Potensi ini seyogyanya dapat diimbangi dengan teknologi untuk pengolahannya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan nilai ekonomi dan produksi komoditi tersebut. Salah satu cara yang bisa dikembangkan untuk memanfaatkan potensi hasil perikanan adalah dengan diversifikasi pengolahan, sebagai salah satu upaya penganekaragaman pangan dan memasyarakatkan hasil perikanan yang selama ini umumnya diolah secara langsung.
Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup dikenal di Indonesia, serta mempunyai nilai ekonomis. Rasa dagingnya yang lezat dan gurih sehingga digemari oleh masyarakat. Produksi ikan patin pada tahun 2005 mencapai sekitar 15.600 ton/tahun. Tahun 2006 produksi patin mencapai 20.000 ton/tahun dengan 80% - 90% berasal dari jenis patin siam (Pangasius hypohthalamus Sauvage), sehingga tahun 2009 target yang akan dicapai untuk ekspor ikan patin adalah 35.000 ton/tahun (www.lobster airtawar.com/berita_lat.htm.28k)
Protein daging ikan patin cukup tinggi yaitu 16,58%. Daging ikan patin tebal dan tidak banyak duri, dari berat ikan rendemennya dapat mencapai sekitar 40 - 50%. Selain itu ikan patin juga dapat hidup dan berkembang biak pada perairan yang tidak mengalir dengan kandungan oksigen yang rendah serta pertumbuhannya tergolong cepat (Susanto dan Amri 1997). Sayangnya pemanfaatan ikan patin sebagai bahan pangan masih terbatas. Berdasarkan hal ini, perlu dilakukan diversifikasi pengolahan terhadap komoditi ikan patin agar nilai ekonomi ikan ini meningkat. Tentunya harga jual ikan dalam bentuk olahan daging akan lebih tinggi dibandingkan dengan berupa daging mentah. Penganekaragaman produk dengan bahan baku ikan air patin ini juga akan meningkatkan selera konsumen dan akan membantu mensejahterkan masyarakat.
Tujuan
1. Mengetahui berbagai macan produk hasil diversifikasi pengolahan dari ikan patin.
2. Mengetahui cara pengolahan dan penerapan teknologi yang ada dalam proses diversifikasi pengolahan dari ikan patin.
3. Mengetahui lembaga penunjang yang ikut berperan serta pada diversifikasi pengolahan ikan patin.
Pembahasan
1. Produk Diversifikasi Pengolahan dan Penerapan Teknologi Ikan Patin
Diversifikasi dalam komoditi ikan patin sedang gencar diusahakan, Pasalnya komoditi yang memiliki harga dagingnya Rp 14.000 – Rp 18.000 per kg ini akan lebih menguntungkan jika dijual dalam bentuk olahan daging, apalagi untuk ke arah ekspor. Apalagi peluang Indonesia untk mengekspor ke luar negeri terutama AS semakin tinggi. Hal ini karena AS telah menyetop impor dari Vietnam sebagai pemasok sebelumnya yang menjual ikan patin lebih murah. Hal ini karena AS menemukan 40% kandungan air yang mempunyai zat pengikat di ikan patin Vietnam. Dalam jangka panjang, kandungan zat ini bisa membahayakan kesehatan manusia. Oleh karena itu ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia menggantikan posisi Vietnam (Agromaret.com).
Diversifikasi pengolahan ikan patin yang telah ada dan yang sedang dalam proses maupun masih berupa rencana ditunjukan dalam bagan berikut :

Berdasarkan bagan diatas dapat dilhat bahwa hampir semua bagian dari ikan mampu dimanfaatkan untuk menajdi sebuah produk yang bernilai ekonomi. Berasal dari ikan patin, akan didapatkan daging, kulit, tulang/duri dan limbah.
A. Daging

• Fillet
Fillet adalah potongan atau irisan daging tanpa tulang. Untuk memperolah fillet adalah dengan cara membuang bagian kepala, ekor hingga tulang ikan untuk kemudian dibekukan. Teknologi sederhana yang dapat digunakan hanya pisau dan lemari pendingin. Sedangkan teknologi yang sudah canggih, berupa mesin pemisah antara daging dengan tulangnya yang telah ditemukan oleh dosen IPB, yaitu Prof Dr Ir Ari Purbayanto, MSc.

• Surimi
Kata surimi berasal dari Jepang yang telah diterima secara internasional untuk menggambarkan hancuran daging ikan yang telah mengalami berbagai proses yang diperlukan untuk mengawetkannya. Surimi adalah protein miofibril ikan yang telah distabilkan dan diproduksi melalui tahapan proses secara kontinyu yang meliputi penghilangan kepala dan tulang, pelumatan daging, pencucian, penghilangan air, penambahan cryoprotectant, dilanjutkan dengan atau tanpa perlakuan, sehingga mempunyai kemampuan fungsional terutama dalam membentuk gel dan mengikat air. Teknologi yang dipakai dalam ini adalah pisau besar dan mesin penggiling. Akan tetapi untuk melakuka pengawetan terhadap surimi, diperlukan Metode pembekuan. Metode pembekuan yang sangat sesuai untuk surimi adalah pembekuan cepat (quick freezing), biasanya menggunakan air blast freezer. Surimi merupakan produk antara yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk lanjutan, diantaranya: nugget, bakso, otak-otak, sosis, dan kamaboko
1. Nugget
Nugget ikan merupakan bentuk olahan dari surimi dengan penambahan bumbu, tepung tapioka yang dicelupkan ke dalam adonan batter kemudian dilumuri dengan tepung roti dan digoreng. Masyarakat pada umumnya telah mengenal nugget karena rasanya yang enak dan cara pengolahannya yang cukup sederhana.
Ciri khas produk ini adalah memiliki tekstur yang elastis dan kenyal. Sifat elastis nugget ikan dipengaruhi oleh beberapa fakor, antara lain jenis ikan, tingkat kesegaran ikan, pH dan kadar air daging ikan, pencucian, umur ikan, suhu dan waktu pemanasan serta jenis dan konsentrasi zat tambahan. Bahan baku utama untuk pembuatan nugget ikan digunakan daging ikan, baik ikan air tawar maupun ikan laut.
Cara pengolahan
• Siangi ikan segar yang akan digunakan, yaitu dengan membuang kepala, jeroan, dan insang.
• Lakukan pemfilletan sehingga diperoleh daging ikan tanpa kulit dan tulang lalu cuci dengan air es.
• Giling daging ikan yang sudah difilet sehingga diperoleh lumatan daging yang halus (surimi).
• Surimi yang diperoleh dicampurkan dengan garam (2,5%), tepung tapioka (3%), putih telur (1%), vetsin (0,3%), keju, roti tawar, condiment (bawang merah, bawang putih dan jahe dengan perbandingan 15:3:1 yang dihaluskan),dan air es (33%) diaduk sampai adonan tercampur rata (homogen).
• Adonan dicetak berbentuk bulat atau persegi, selanjutnya dicelupkan dalam batter dan kemudian dilumuri dengan tepung roti sampai merata.
• Formula batter adalah campuran tepung terigu (12%), tepung beras (8%), tepung maizena (7,5%), backing powder (1,5%), lada (1,9%) garam (1%). Ditambah air dengan perbandingan maksimum 1 : 1.
2. Bakso, Otak-otak dan Sosis
Pembuatan makanan dari ikan ini secara umum sama. Bakso Ikan dibuat dengan mencampurkan adonan bakso (tepung terigu, tepung tapioka dan bumbu) dengan daging ikan yang telah dihaluskan atau Surimi. Sedangkan untuk Otak-otak dan sosis pun memiliki bahan dasar yang sama. Perbedaan hanya pada pengolahan, bentuk dan cita rasa. Tidak ada teknologi yang canggih dalam proses ini jika hanya dalam lingkup industri rumah tangga. Akan tetapi untuk perusahaan pembuat makanan yang siap saji, membutuhkan mesin pengaduk otomatis, mesin untuk pengasapan untuk proses pengawetan dan mesin pendingin untuk menyimpan makanan. Teknologi ini diluar pengemasan.
3. Kamaboko
Kamaboko merupakan produk olahan ikan yang berbentuk kenyal dan elastis, yang dibuat dari surimi. Bahan baku surimi yang digunakan bisa dalam bentuk surimi yang segar atau yang telah dibekukan. Pembuatan kamaboko pada dasarnya meliputi tahap-tahap pembuatan surimi yang dilanjutkan dengan pencetakan dan pemanasan.
B. Tulang atau Duri
Banyak pengolahan produk perikanan di Indonesia yang menghasilkan hasil samping berupa tulang ikan. Menurut Ari Purbayanto (2009) presentase hasil sampingan tulang ikan hasil pemisahan dengan daging pada mesin pemisah daging-tulang ikan mencapai 13%. Salah satu jenis olahan tulang yang jarang dimanfaatkan adalah tepung tulang ikan. Tepung tulang ikan adalah hasil penggilingan tulang ikan yang telah diekstrak gelatinnya. Tepung tulang ikan mengandung kadar kalsium dan fosfor yang cukup tinggi sehingga bila ditambahkan ke dalam mi dapat menambah kadar gizi dalam mi. Tepung tulang ikan sangat potensial untuk dijadikan bahan komplemen karena mudah didapatkan dan murah dalam pengolahannya. Selain itu tepung ikan ini juga dapat dijadikan sebagai bahan dalam membuat aneka kue, termasuk crackers. Selain itu, tepung ini juga dapat digunkan sebagai bahan campuran pakan ternak.
C. Kulit
Bagi kebanyakan orang, kulit ikan adalah limbah. Akan tetapi kulit ikan ini dapat dikembangkan menjadi beberapa produk baru. Kulit ikan ternyata dapat dijadikan camilan baru berupa krupuk. Krupuk hasil kulit ikan ini tenyata banyak digemari oleh orang, karena cita rasanya yang seperti dengan daging ikan. Akan tetapi pemanfaatan kulit hanya untuk kulit yang memiliki ukuran yang tidak tebal. Untuk menghadapi kendala tersebut, ternyata telah ditemukan solusi baru dari pemanfaatan kulit ikan yang tebal. Kulit ikan yang tebal ini dimanfaatkan untuk menjadi bahan alas kaki, seperti sandal dan sepatu. Selain itu kulit ikan ini juga akan dijadikan sebagai aksesoris yang menarik. Penggunaan teknologi dalam proses ini tentunya tidak rumit, hanya seperti pembuatan krupuk pada umumnya.
2. Lembaga Penunjang Diversifikasi Pengolahan Ikan Patin
Lembaga penunjang adalah bagian dari subsistem agribisnis yang juga berperan penting. Lembaga ini diantaranya adalah lembaga pemerintah, swasta atau institusi-institusi. Diversifikasi pengolahan ikan khususnya ikan patin tentunya juga menjadi program pembangunan dari pemerintah. Hal ini karena diversifikasi dalam pengolahan ikan akan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia nantinya. Ikan patin sebagai salah satu ikan tawar ini sedang memilki prospek yang besar untuk dapat dipasarkan ke luar negeri. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kampar. Riau, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Mereka segera membangun sentra pengolahan ikan patin berskala besar di daerah itu. Pengembangan industri perikanan berlabel minapolitan tersebut menyinerjikan usaha produksi yang dimulai dari hulu hingga hilir.
Pengembangan minapolitan itu melibatkan tiga pihak dan KKP bertindak sebagai fasilitator. Investasinya bisa mencapai Rp 145 miliar," kata Direktur Usaha dan Investasi KKP Viktor Nikijuluw kepada Investor Dailyfa Jakarta, Selasa (11/5) 2010.Viktor mengatakan, KKP bersama Pemda Provinsi Riau dan Pemda Kabupaten Kampar berniat menjadikan industri pengolahan ikan patin terbesar Tanah Air berada di Kampar. Daerah itu, lanjut Viktor, diketahui sebagai produsen ikan patin terbesar Indonesia saat ini dan telah menjadi eksportir ke AS, Eropa, Timur Tengah, serta beberapa pasar di Asia.
Sejalan dengan konsep pengembangan sentra minapolitan, Pemda Provinsi Riau, Pemda Kabupaten Kampar dan satu pihak swasta pada tahun 2008 telah membentuk konsorsium berbendera PT (Perseroan Terbatas) Kamparicom. Komposisi kepemilikan di PT Kamparicom meliputi, Pemda Propinsi Riau 24% saham melalui PT Sarana Pembangunan, Pemda Kampar 38%, dan swasta PT Bonecom Budidaya Kampar 38%. (Media Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, 2010).
Dari kabar diatas saja, kita dapat mengidentifikasi, bahwasanya pemerintah daerah dan pemerintah pusat melakukan kerjasama dengan swasta untuk membangun usaha agribisnis. Hal ini tentunya menjadi bukti, bahwa lembaga penunjang menjadi penting perannya untuk kemajuan sistem agribisnis dan pada umumnya untuk perekonomian bangsa.
Kesimpulan
Ikan patin sebagai salah satu ikan air tawar memiliki produk olahan yang beragam. Produk olahan yang ada merupakan pemanfaatan dari daging, tulang atau duri, dan kulit ikan. Beberapa produk olahan tersebut diantaranya: fillet, surimi, makanan olahan ikan, tepung tulang ikan, crackers, pakan ternak, alas kaki dan lain-lain. Proses diversifikasi pengolahan ikan ini membutuhkan teknologi untuk dapat meningkatkan outputnya.Akan tetapi teknologi yang ada tidak semuanya adalah teknologi yang canggih, teknologi sederhana pun dapat diterapkan. Berdasarkan hal ini, petani Indonesia seyogyanya mampu untuk memanfaatkan peluang yang ada pada sistem pengolahan ikan. Sementara itu perlu adanya lembaga penunjang untuk membantu petani ini dalam diversifikasi pengolahannya. Dengan harapan petani Indonesia pada khususnya mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian Indonesia semakin maju.

My New Blog

lets join with me... in my new blog,, and u will get new something.. hahahaa.. chek this out
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...