Saturday, December 31, 2011

Allah yang Menyuruh Kita Bermimpi

At this moment...
It's time to remember all of the experiences last time.
Get it... get your fault ever done.
OK, enough... make it becomes a lesson for future.
Now, let's make dreams in this year.

musicintheraindrop.blogspot.com
Selamat tahun baru masehi semuanya. Apa yang telah lu lakuin kemarin? semua sudah sesuai rencana? Hah kenapa? kok bisa? *please please control*, hahaha. Yap, gue rasa pasti ada aja kurangnya di tahun kemarin. Hmm, kurang inilah, itulah, yang ono dsb. Sebenarnya kalau boleh gue ambil kesimpulan, intinya kegagalan lu itu karena usahamu, yang mungkin kurang maksimal.

Friday, December 30, 2011

Zakat sebagai solusi keadilan sosial umat

amaliah-astra.com
A: "Apakah bulan ini kamu sudah membayar zakat?"
B: "Belum, kan belum idul fitri".
A: "Hehe, zakat itu bukan hanya pas lebaran", Zakat itu juga dikeluarkan     terhadap emas, perak, pertanian, ternak dan lain-lain ya"

Tidak bisa dipungkiri, saat ini masih banyak orang-orang di luar sana yang belum mengenal zakat. Tapi, bukankah teman-teman tahu kalau pilar utama Islam, salah satunya adalah membayar zakat. Dalam rukun Islam, membayar zakat merupakan perintah ketiga setelah sholat. Hal ini tentunya apabila setiap muslim tidak menegakan pilar ini, maka akan terjadi kerapuhan dalam agamanya. Perintah untuk membayar zakat, Infaq dan Sedekah ini banyak disebutkan dalam Al-quran dan Al-Hadits loh. 
"Siapakah yang mau memberi peinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan memperlipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. dan Allah menyempitkan dan melapangkan dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan." (Al-Baqarah: 245)
"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Alah Mahaluas, Maha Mengetahui." (Al-Baqarah: 261)

Wednesday, December 14, 2011

Nylemong dan Etika Terhadap Pengajar

Hi guys,
Selamat pagi. guys, gue pengin nanya siapa neh yang di kelas suka berceloteh? hmm, maksudnya nylemong*? Kalau begitu sungguh tepat bercerita duka bersama gue #T.T
 *nylemong = omongan ga penting yang dilontarkan di kelas dengan volume terdengar sampai pojokan kelas, bikin gaduh kelas, dan bikin pengajar naik darah dan ngasah golok.

Iya, sebelumnya gue pengin buat pengakuan kalau gue adalah orangnya, iya, sang penylemong *sebut aja gitu, ribet dah*. Kebiasaan ini gue tekunin mulai dari gue smp kelas dua. Awalnya gue sebagai siswa berprestasi tingkat RT waktu itu, diberikan amanah untuk menyadarkan teman gue yang benar-benar dah stadium 4 mengidap penyakit nylemong. Sungguh kronis banget dia, guru itu dimata dia bagaikan apa ya? ga ngerti dah, kayakna mah sudah tidak ada batas gitu #sungguh gue masih tahap pemula.

Intinya gue malah tertular virus dia itu *nah lo* Nyahaha.  Sampai sudah tahap perkuliahan ini, gue masih terkadang seperti itu. Hahaha, gila kan ya, gue sih ga pernah nyalahin teman gue itu, karena apapun pengaruh orang,  finally, I'm decision maker, hehehe.

Friday, December 9, 2011

Analisis Tataniaga Ubi Jalar (Ipomoea batatas L) di Desa Cikarawang, Kec. Dramaga, Kab, Bogor

BAB I
PENDAHULUAN

 1.1 Latar Belakang
Indonesia adalah negara agraris, oleh karena itu sektor pertanian menjadi sektor yang memiliki peranan penting. Pertanian merupakan salah satu sektor yang berperan sebagai pengadaan pangan, penerimaan devisa, penyediaan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan petani di Indonesia. Kontrbusi sektor pertanian dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) Atas Dasar Harga Berlaku adalah sekitar 14,5 persen pada tahun 2008. Selain itu sektor pertanian  juga telah berperan strategis dalam penyerapan tenaga kerja. Berdasarkan hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS), dari sekitar 108 juta angkatan kerja, sekitar 38,35 % bekerja pada sektor pertanian per Agustus 2010 (BPS 2011).  Berdasarakan bidang usahanya, sektor pertanian terbagi atas subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan.
tanahsakti.blogspot.com
Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Pada tahun 2005, jumlah penduduk Indonesia telah mencapai angka 228.523.300 jiwa, dengan peningkatan sekitar 2,2 juta per tahun (BPS 2008). Dengan jumlah penduduk yang sebesar ini, maka diperlukan ketersediaan pangan dalam jumlah yang besar dan tidak tergantung kepada satu sumber pangan. Ketergantungan pada satu sumber pangan, yaitu beras dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai masalah serius di berbagai sektor seperti ekonomi, politik, keamanan, sosial dan lain-lain.  
Masalah pangan ini dapat diatasi salah satunya dengan diversifikasi konsumi pangan. Diversifikasi konsumsi pangan pada dasarnya memperluas pilihan masyarakat dalam kegiatan konsumsi sesuai dengan cita rasa yang diinginkan dan menghindari kebosanan untuk mendapatkan pangan dan gizi agar dapat hidup sehat dan aktif. Diversifikasi pangan ini memang sangat dipengaruhi oleh daya beli masyarakat, pengetahuan, kebijakan, faktor sosial dan tentunya ketersediaan pangan. Ketersedian pangan ini berarti bahwa sebuah negara telah memiliki persiapan sumber daya pangan alternatif untuk terwujudnya diversifikasi konsumsi pangan.

Tanaman pangan adalah tanaman yang dapat dikonsumsi. Tanaman pangan terdiri atas beberapa komoditas diantaranya padi, jagung, kacang tanah, kacang kedelai, ubi kayu dan ubi jalar. Ubi jalar adalah salah satu komoditi yang dapat membantu mengurangi konsumsi akan beras. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, ubi jalar mengandung beta karoten dalam vitamin A yang sangat tinggi.
 
Data kandungan gizi dari beberapa tanaman pangan dapat dilihat pada tabel 1.
Tabel 1. Kandungan Gizi dan Kalori Ubi Jalar, Beras, Ubi Kayu, dan Jagung
Bahan
Kalori (kal)
Karbohidrat (g)
Protein (g)
Lemak (g)
Vit. A (SI)
Vit. C (mg)
Ca (mg)
Ubi Jalar
123
27,9
1,2
0,7
7000
22
30
Beras
360
78,9
6,8
0,7
0
0
6
Ubi Kayu
146
34,7
1,2
0,3
0
30
33
Jagung
361
72,4
8,7
4,5
350
0
9
Sumber : Harnowo, 1994

Luas panen, produktivitas dan jumlah produksi adalah salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk melihat pola budidaya suatu komoditi. Ubi jalar setiap tahunnya selalu cenderung mengalami peningkatan dalam kriteria tersebut atau pola budidaya ubi jalar menaik setiap tahunnya. Berikut ini tabel luas panen, jumlah produksi dan produktivitas ubi jalar tahun 2007 – 2010 (Berdasarkan BPS 2010).
Tabel 2. Luas Panen, Produktivitas dan Produksi Ubi Jalar di Indonesia
Tahun
Luas Panen (Ha)
Produktivitas (Ku/Ha)
Produksi (Ton)
2005
178.336
104,13
1.856.969
2006
176.507
105,05
1.886.852
2007
174.561
107,80
1 881 761
2008
183.874
111,92
2 057 913
2009
181.073
113,27
2 051 046
2010
177.605
122,32
2 172 437

Potensi-potensi yang ada pada ubi jalar membuat agribisnis ubi jalar ini semakin menarik. Hal inilah yang saat ini sedang dikembangkan oleh gapoktan Desa Cikarawang Kecamatan Darmaga Kabupaten Bogor. Agribisnis ubi jalar yang dilakukan ini agar dapat berperan sebagai lembaga tataniaga produk pertanian yang dihasilkan oleh petani di kawasan tersebut sekaligus dapat membantu petani dalam memasarkan hasil pertaniannya khususnya ubi jalar. Komoditi ubi jalar yang telah dikembangkan oleh petani desa cikarawang sebagai bahan pembuatan tepung ubi jalar, saos dan olahan makanan ini mengindikasikan bahwa ubi jalar memiliki potensi baik dari produk maupun pasar. Sistem tataniaga perlu menjadi fokus, agar didapatkan pemasarn ubi jalar yang efisien, tepat waktu dan sesuai dengan kulitas dan kuantitas yang diinginkan oleh konsumen.

Monday, December 5, 2011

Visit Bogor

Sing:

" Es lilin mah ceuceu... kalapa muda...
la la la laaaaaa... laa laaa... la laaa...

la la la,,, la"

OK, gue absurd banget dan harus diakui udah dua tahun lebih masih belum bisa bahasa sunda dengan baik sesuai EYD. Apalagi bahasa sunda Bogor sendiri yang memang biasanya dengan* "aing aing", "sia sia", waduh, it's more difficult.
Yah, itu mah katanya bahasa sunda kasar jadi akan susah aja buat gue belajar bahasa sunda yang baik dan bener. *sunda kasar biasa ditemukan di supir angkot dan alayer's Bogor

Kalau mang belum bisa, yasudalah, masa gue harus kawin dulu ama ceu mumun, kembang desa... #ngarep

Tapi, jangan beranjak dulu, kita masih belum melihat, sebenarnya apasih yang menjadi branding di Bogor? *Ala presenter silet

1. Bogor Kota Hujan
Gue harus dengan sadar menyampaikan bahwa pada saat musim hujan, Bogor akan hujan *ya iyalah fik*. Hmm, maksudnya ada yang ga wajar gituloh. Jadi kalo udah musim-musim hujan tuh, dapat dipastikan tiap sore pasti ujan akan mengguyur jemuran-jemuran diseluruh wilayah Bogor. Bayangkan, gue sering kali terancam memakai double side (side A side B

Friday, December 2, 2011

Ekonomi Gula dan Jalan-Jalan ke Thailand

Gula merupakan salah satu komoditi strategis Indonesia yang menjadi salah satu dari sembilan bahan pokok. Gula memiliki peranan penting pada sistem ekonomi pangan Indonesia. Hal ini disebabkan gula merupakan bahan makanan yang menyentuh banyak rakyat di Indonesia. Bagaimana tidak, setiap minuman yang kita minum pasti dikasih gula. Makanan-makanan yang ditumis pun masih membutuhkan gula sebagai bahan penyedap. Gula is the sweetest one #eaaa
syiwahoney.blogspot.com

Namun, dewasa ini kita masih mendapati ketidakseimbangan antara konsumsi dan produksi komoditi gula ini. Produksi gula nasional relatif berfluktuatif dari tahun ke tahun. Saat ini jumlah pabrik gula pada tahun 2010 mencapai 62 unit, namun hasil produksi total dan hasil per hektar merosot jauh dibandingkan pada tahun 1930-an dimana Indonesia mengalami masa keemasannya. Dulu kita berhasil melakukan ekspor, tapi mulai tahun 1966 ekspor dihentikan dan terkadang impor. 

So, what is the problem now?

Wednesday, November 30, 2011

Usahatani Kucing Persia




PENDAHULUAN

I.       Latar Belakang

          Usahatani (bukan usaha tani) merupakan salah satu dari subsistem agribisnis yaitu subsistem budidaya yang merupakan kegiatan memproduksi atau mentransformasi dua input atau lebih menjadi satu atau lebih output. Produk yang diproduksi tentunya merupakan produk pertanian yang mempunyai karakteristik seperti  musiman, beragam, sedikit, perishable, tersebar, bulky. 
           Kedudukan usahatani pada sistem agribisnis yaitu memanfaatkan input untuk kemudian ditransformasi menjadi output yang mempunyai nilai guna yang tinggi. Hal ini menjadikan usahatani penting untuk dipelajari lebih lanjut, mengingat aspek teknis dalam melakukan budidaya pada subsistem agribisnis ini sangat mempengaruhi keberhasilan output yang dihasilkan. 

Sunday, November 27, 2011

Perang di Facebook!

Assalamaualaikum,,
*Silahkan Jawab 
Hei, lu tahu ga? 
Tahu apa deh fik?
Nama baik gue hancur di mata masyarakat. Apalagi di mata fans gue thovicnista... Ya, gue lagi kesal ama manajemen studio rekaman lagu gue wanna berak. Gue thovic syah reza, dituduh telah melecehkan dan menodai studio itu. Plis dah, gue cuma ga mau bawain lagu alamat palsu, itu aja. Habis setelah kemarin gue bawain lagu keong racun, bekicot berak, terus marennya lagi nyanyi apalah itu, Shit!...
to be continued...
Udah ah, tambah sesat aja neh... #Tapi buat kalian yang masih ingin membayangkan miripnya gue ama afgan tidak masalah, tapi saya tidak menanggung apabila ada kerusakan pada syaraf-syaraf di otak anda selanjutnya.


Aaarghhh, kecebong salto, ayam renang, paus jogging...
Hari ini gue kesal, kesal ama ujian negosiasisai *beuhhh* negosiasi dan advokasi bisnis. Tapi sebenarnya karena persiapan gue yang terlalu setengah mateng. Intinya waktu diberikan Tuhan 24 jam kemaren, gue telah sia-siakan.
Berikut kegiatan sesat gue H-1 UAS Negad *negosiasi dan advokasi*.

08.00-12.00 WIB
Yah, jam itu gue kecanduan ama yang namanya facebook. Gue sebagai facebooker (red:wajah ngeden) merasa telah ditelanjangi ama Mr. FB (semacam mahluk yang kurang terlihat yang dapat membuaimu dalam birahi facebook) #ngarang. Ngapain aja mang di facebook?
Sebagai mahasiswa paling menawan sekampus, gue ga terima harga diri gue diinjak-injak. Al-hasil gue bertempur dengan mahluk segilima berwarna pink, dengan papan kayu dijidadnya apa noh?? Ya dia adalah musuh bebuyutan gue, si Puji Eka Asusilawati, atau bisa juga dipanggil Pujez Mustika Tilaar. Mending langsung lihat aja di TKP.

Saturday, November 26, 2011

Negosiasi dan Advokasi Bisnis


Peran Pelaku Advokasi dalam Kegiatan Agribisnis ICDF
(International Cooperation Development Fund)
Taufik Hidayat (H34090027), Agatha Kinanthi (H34090033), Asri Nurfitriyani (H34090042) , 
Amsetyo Nugroho (H34090064), Tuti Apriyanti (H34090087)

I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

ICDF (International Cooperation Development Fund) adalah sebuah badan swasta asing yang bekerjasma dengan university farm IPB. Kelembagaan ini mengordinir petani atau gapoktan di daerah Bogor. Bentuk kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah pembiayaan, pembinaan, dan pelatihan terhadap petani. Petani yang bekerjasama akan diberikan modal berupa sarana-prasarana pertanian dalam bidang hortikultura. Selanjutnya pihak ICDF akan menjadi pasar untuk hasil produksi petani dan pembayaran modal pinjaman awal diganti bertahap sebesar 25% untuk setiap hasil penjualan. 

Thursday, November 24, 2011

Membereskan Kapal (Kamar) Pecah

Assalamualaikum
Pimen kabare? Apik-apik oya #logatngapaktegal
Alhamdulillah akhirnya ujian semester udah berlalu. Setelah kemarin-kemarin kita dihantam habis-habisan ama UJIAN AMAT SENGSARA (UAS) *diperbesar+bold agar lebih dramatis*
OK, it’s time to holiday!!
"Hi, Malinda dee... mau kemana kita? Lho, kok agak kecilan?"
Owh ini, Ya, jadi kemarin, saya mesti mengembalikan semua harta (nasabah saya) yang saya punya, ya termasuk silikon “barbel” saya. Tapi, tenang aja saya sudah beli yang baru, ya walaupun lebih mini ukurannya”...
Coba mana??
#Jiah, taufik...!!! #Jewer bibirnya, cantolin di tiang listrik.
Hahaha, maaf ya jadi agak lepas kontrol. Ini gara-gara teman gue cerita-cerita mba linda dee. Denger-denger sih gitu #Beberapaimajinasipenulis.
Tapi saat ini penulis masih belum mendapat gairah dan kesiapan lahir batin untuk melihat berita itu, apalagi melihat kenyataan yang sangat disayangakan itu... #Jiah, dasar neh ketek borokan
Betewe, Sebelum gue liburan, kayanya gue mesti ngurusin kamar tersayang gue dah. Kamar yang senantiasa nemenin gue belajar ilmusesat, yang jadi tempat curhat gue (orang gila), kamar ini juga yang menjadi saksi tindakan makasiat gue. #eh!!!

Gue akhirnya punya juga kebiasaan buruk, setelah selama ini gue bosan dengan kebiasaan baik gue #boongmaicihLV10. Yah, jadi setiap kali ujian tiba, gue paling males membereskan kamar. Hal ini karena waktu gue hanya tercurahkan pada ujian semata #jiah,ngelesgayakayang. Sebenarnya memang gue (malas) rajin banget, tapi rasanya waktu belajar (on-line) sayang untuk dilewatkan hanya untuk membereskan kamar gue tersayang. Al-hasil pascaujian yang harusnya gue langsung kencan ama agnes monica, dan show bareng super junior, gue relakan untuk membereskan kamar gue #hina.

Daripada lama-lama dibilang ngebohong sama fans berat gue, neh langsung aja before after kamar kontrakan unyu gue,, #takut muntah, siapin plastik #Ngebuka aib.  
Njelegerrrr...





Hahahaha,, ngakak guling-guling di masjid ampe taraweh mulai ini mah. Maaf ya, kalian pasti muak terkagum-kagum melihat motif dan warna sprei gue, gue aja mpe ga bisa berek 3 hari 3 malam. Gue mang ngefans banget sama 3 macan dan kucing garong... #Nangis di bawah air terjun. Woy,,enggak lah, ga tahu kenapa mama gue ngebawain tuh sprei buat nemenin hari-hari ngenes gue di kontrakan. Apa karena mama ingin gue tidur nyenyak karena mimpi tidur ama 3 macan #arti sesungguhnya.#plis ga usah dibayangin.

Gimana??? jadi bersih kan... kurang apa coba gue. Hei gadis perawan, janda-janda, tante-tante, ada bocah tegal yang tampan tiadatara dan suka bersih-besih neh,,, #Hahaha, pantes jadi pembantu emang... #fuckyeahhhh,,
Eits,, taufik,,, ini apa coba??? 

La,, la,, la,, #ngacir,,,
hehe,, itu mah bantal teman gue...
La,, la,, la,, #kabur

Hahaha,, ya itu bantal kamar gue. Tapi yang dua tanpa baju itu teh mang udah dari kontrakan. Mungkin sebelumnya bekas ditinggali seniman neh kamar, sampai niat banget buat lukisan abstrak di bantal.
#kali ini gue jujur, gue cuma nambahin dikit...

Tapi, ya fik, sebenarnya gue curiga. Jangan-jangan barang berantakan itu cuma lo sumpel-sumpelin di bawah kolong tempat tidur, iya kan???
*MENINGGAL DUNIA*
oya,, Wassalamualaikum..
*posting lama

Tuesday, November 22, 2011

ANOPA (Agribisnis Non Pangan) Menggalaukan Agb'ers

Posting on 14 Juni 2011 (Kenangan masa lalu)

Assalaualaikum.wr.wb
*woy jawab
Malam-malam, ujan lagi, enaknya ngomongin orang fenomenal neh...
Nazarudin yang sekarang lagi hotdognya dibicarain ama orang-orang, perihal kasus yang serupa dengan melinda dee, yaitu berkenaan operasi anunya yang berlebihan (ngaco lu vic)...
Ya, jadi katanya itu dia kabur bawa istri orang (yang ini lebih ngaco). Ya, jadi dia diduga korupsi gitu dah. Wah wah...
Hal ini mungkin akibat dulunya dia suka ga jujur saat ujian *masa gue bakal kaya gitu.

Kaya berita kemaren, yang bikin gue shock sambil kentut. Ada anak SD di Surabaya yang lapor ke ortunya karena disuruh gurunya menyebarkan jawaban ujiannya. Sang orang tua yang geram melihat anaknya dianiyaya dan peras otaknya #lebay# segera melaporkan ke Pemerintah Kota. Dan karena kasus itu, sang kepala sekolah diturunkan jabatannya dan dua orang guru diturunkan pangkatnya.

What the heal!!!... apa yang terjadi, kenapa kucing bang Udin belum makan? badak ngesot, kuda nil balet, kebo kayang, jamban berak.

Seperti ini kah, kejujuran sudah dianggap sebagai suatu kenistaan hidup. Generasi penerus bangsa ini sudah tidak bisa jujur dari dini *orasigayabebas
Mungkin temen-temen bisa menilai sendiri mana yang tepat, apakah "Hidup Nyontek", "Yang Penting LULUS", "Jujur Nyok"...
Gara-gara masalah ini gue jadi keinget buat nyeritain tentang kejadian anak agribisnis 09 di facebook.

Apa hubungannya thovicaem??? #geram

Monday, November 21, 2011

Agricultural Infrastructure Investment Financing for Sustaining Renewable Energy in Indonesia

Agricultural Infrastructure Investment Financing for Sustaining 
Renewable Energy in Indonesia
 Taufik Hidayat, Agribusiness, Bogor Agricultural University 
 
The energy crisis is a major issue that has not been solved by countries in the world.  The replacement of fuel oil (diesel, kerosene, etc) has been intensively conducted by several countries in the world. Nowadays, the most alternative energy to replace them which has been implemented around the world is bio-fuel. Jatropha (Jatropha curcas L) is one of various plants which easy to adapt with its environment to grow. It is able to grow in  the critical soil. The development of jatropha has been flarely implemented in 2005-2006. This is supported by several policies. However, these policies have not been achieved. For example, the KPEN-RP (Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan) program which is existed today is not efficient yet. This caused by the high interest from the bank that must be paid before crop production. The farmers avoid to take high risk depending on the crop. Besides that problem, the other problems are collateral requirements, no guarantor for the disadvantages which farmers are the victims, and no market guarantee. All of those problems can be solved by agricultural infrastructure investment financing. The farmers or Gapoktan with dry land will be given the infrastructure investments (seed, fertilizer, pesticide). The role of government and the private sector here, besides as a provider of capital, are also as the market for Crude Jatropha Oil (CJO). Moreover, the farmers have to pay 20% of every the selling crop to pay off the infrastructure investment at the beginning. After payment is complete, farmers can still join with the institution program. This Financing will be monitored with high supervision so that it is properly used, and assistance and training directly to farmers in terms of production, human resource management and marketing.

Sunday, November 20, 2011

Kesuksesan Petani Ubi Jalar Cikarawang

"Dalam menjalankan usahatani, maka kita harus menerapkan sistem agribisnis, dari sistem hulu sampai ke hilir" Kata Pak Ahmad Bastari ketua Gapoktan Cikarawang, Bogor.
Sore itu, kami gue, Nudhar dan Rini melakukan wawancara kepada bapak Ahmad, selaku ketua Gapoktan dengan komoditi utamanya adalah Ubi Jalar di desa Cikarawang, Bogor. Suasana agaknya teduh, dan terlihat akan hujan sore nanti. Sebuah pemandangan desa yang bersih dan terlihat rumah-rumah yang astri. Desa itu masih belum diaspal halus jalannya, dan kurang dari 5 meter lebarnya. Namun, aku terpesona melihat keadaan rumah dan lingkungan yang terlihat nyaman dan gue rasa cukup mapan.
ensofas.wordpress.com
Masyarakat di situ sebagian besar berpencaharian sebagai petani. Mereka mengusahakan beberapa komoditi diantaranya ubi jalar, padi, kacang-kacangan dan lain-lain. Namun, menurut Pak Ahmad, masyarakat Cikarawang juga memiliki pekerjaan lain seperti buruh, supir, dan lain-lain.

Teman-teman pasti tidak jarang yang menganggap bahwa petani identik dengan kemiskinan. Petani adalah orang-orang yang menjual sayuran atau buah-buahan di pasar. Petani hidup di desa. dan la la la la sol sol sol fa fa fa...

Tetap Semangat Sobat

Tadi malam saat aku tengah belajar, tiba-tiba dia sms. Gue segera membuka sms itu, tak sabar.
Open message... *view*
"Malm boss, lg ap neh? Eh, mau tnya nie. Sebnarnya. Elo bangga gak si pny shbat ky gue? Kalau iya, knp? Ap yg bs dibnggakan dr gw? Hem,,"
tut..tut..tut.. #eh

Sungguh, it's so make me shock suddenly. Apakah gerangan yang telah memasuki jiwa dan pikirannya, sehingga berkata sembrono seperti itu. Smsnya bikin gue galau seketika mikirin keadaannya dan teman-temannya yang ditembakin di Kalimantan (Lo pikir orang utan pik?). Baru saja kemarin Ayu ting ting nanya alamat ke gue, sekarang dia nanyain kaya gituan. Sungguh gue berpikir dia sms sambil nonton film korea yang lagi bagian ending dan itu lagi sedih-sedihnya.  #ngaco

*menu* *messaging* *create message*
"Lg nton. Sangat bangga Bud. Gw sgt bangga puny shbat yg berni mengmbil tntangan dan rsik. Yg berani membela impianya. Bud, "Man jadda wajada" kalau qt bersuguh-sunguh, mka qta akn berhasil. "Man Shabara Zhafira" syapa yang bersbar akn beruntung. Ayo mud, qta bsa, bsa. Bela impian2 qta. Jgan mau qta m'nyrah ma keadaan dll. Kalo bukn qta yang bela impn qta, mka siapa lg. Semangaaaaaaaaat"
Gue sengaja ga bilang kalau gue sebenarnya sedang belajar untuk kompetisi hari ini. Gue seketika merasakan apa yang mungkin dirasakannya, kegundahan yang mungkin saat ini tidak gue rasakan. Bud, kenapa saat ini aku belum bisa mendampingimu dalam kondisimu? Bud,,,

Sebut saja Budi. Sahabatku ini sekarang sedang merantau di Kalimantan menjadi pengajar bahasa Inggris. Sebelumnya dia sudah lulus dari sekolah non formal bahasa inggris yang terkenal di Jawa Timur. Yah, perantauan lagi. Dari tegal, kerja sebagai karyawan di Karawang dan Bekasi. Kemudian dengan semangatnya ke Jawa Timur hanya berbekal alamat Pare, Kediri, Jawa Timur. Waktu itu, itu hanya rekomendasi gue, setelah dia bilang sudah cukup punya bekal dari kerjanya tempo hari di Karawang. Gue merekomendasi untuk belajar bahasa Inggris, untuk bahan buat daftar tes PTN dan meningkatkan softskill.

Dia, waktu itu bareng kami mendaftar di Perguruan Tinggi di Semarang. Namun, sayangnya dia belum. Kemudian sambil bekerja di Karawang pun dia masih mencoba SNMPTN. Kemudian yang lainnya, dan jawabannya masih sama "Belum". Saat di Pare, dia dan teman-temannya sudah dari awal berniat mencoba masuk STAN, tapi entah kenapa, sekolah tinggi tersebut belum lagi membuka program D3nya saat itu.  Sekali lagi "Belum". Saat kami sudah menemukan gerbang kami,  namun , mungkin dia masih memilah milah mau memasuki gerbang mana??
"Gue ingin jadi guru matematika atau fisika fik, Ingin sekali"
Bilangnya waktu itu di Kantin Sapta IPB, tapi sayangnya lewat telepon, 2 minggu yang lalu. Gue  ga tahu, apakah saat itu mungkin dia menahan air matanya itu, di sana. Saat ini, yah, dia masih mengabdikan diri sebagai pengajar di sebuah instasi bimbel di Kalimantan.
"Taufik, jemput gue ya. Jemput gue, segera lulus dan sukses. Kemudian jemput gue di sini"
Gue menangis, hati gue merinding seketika. Gue mencoba memberikan semangat. Sebisa mungkin gue berbicara lantang dan percaya diri, sebisa mungkin gue yang masih juga sering labil ini berbicara penuh semangat.
"Budi, lu sendiri yang akan menjemput lu pulang. Lu dengan kesuksesan lu, eloooo."
Saat ini, gue hanya bisa berdoa dan mendukung dari belakang Bud. Saat ini gue hanya bisa memberikan saran sederhana. Lu yang mutusin, lu sendiri yang akan mati-matian membela mimpi-mimpi Bud. Lu sendiri.... Allah akan memberikan sesuatu yang kita mau, saat kita mau merubahnya.

Ya, Allah... saat ini sesunguhnya seharusnya kami selalu bersyukur... Gue udah punya IPB.,Gue dah mulai mendapatkan passion di sini. Gue sudah mulai mencintai petani dan pertanian negeri ini. Gue sudah mulai bisa menentukan jalan hidup gue dan membela serta peduli terhadap mimp-mimpi gue.

Dan untuk lu Bud, gue akan selalu ada di samping lu. Siap saat lu butuhin... saat ini juga, gue yang sudah dapat dikatakan ada dalam comfortable zone ini, akan selalu melakukan yang terbaik... at least, gue ga akan menjadi beban buat orang-orang yang gue sayangi dan menyayangi gue. Gue akan memberikan lebih untuk orang-orang yang gue sayangi, membuat tersenyum orang-orang yang menyayangi gue. And, one of them is you Bud. 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...