Thursday, October 23, 2014

Jakarta: A Mini Park of Beautiful Indonesia

Udara pagi menyelinap pintu kosan gue pagi itu. Bogor pagi itu masih seperti biasanya, udara sejuk merasuk ke sendi-sendi, menusuk lembut membangunkan gue dan adek gue (red: temen kosan gue di sini). 

Udara dan suasana pagi hari di Bogor emang nyaman banget. Tapi suasana Bogor kalau udah mulai siang, sore, dan malam minggu khusunya, macetnya naudzubillah, sumpek. Kayak berita pagi ini dari detik.com yang menyebutkan bahwa Bogor menjadi kota nomor satu paling macet daripada Bekasi. IYAAAA... daripada Bekasi yang berada di nomor urut enam. *tetep ya bawa-bawa Bekasi, biar makin eksis*. Tapi mau bagaimana juga, Bogor enggak mungkin sih diceng-cengin muda-mudi gaul Jakarta. Bisa-bisa dibukain tuh pintu air, banjir deh Jakarta *totally ngancem*.

Kayakna memang harus bersatu padu dah masyarakat dan pemerintah mengatasi kemacetan di Kota-kota besar yang macetnya sudah stadium empat. Ok, ini jadi PR juga buat Bapak Joko Widodo dan Bapak Jusuf Kalla yang baru saja resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Selamat menjalankan tugas pak, semoga amanah, adil dan dapat membawa Indonesia jauh lebih baik. Terima kasih juga Bapak SBY atas dedikasi tingginya selama sepuluh tahun ini #noperez.

Oke ngomong-ngomong Indonesia, Indonesia itu negara yang punya ke-epic-an dan ke-kece-an alam dan budaya yang ga ada tandingannya seantero jagat raya semesta alam dunia ini. Kita ga perlu mahal-mahal untuk bisa mengunjungi surga-surga yang ada di bumi ini. Mau ke Green Canyon? ada di Pangandaran, mau ke Hawai? ada banyak di Lombok, mau yang kaya Maldives? ada di Raja Ampat, mau lihat menara jam Big Ben di London? ada kok menara jam gadang di Bukit Tinggi, mau lihat salju? ngengsot aja ke Puncak Jaya Wijaya, mau foto di tengah-tengah keramaian Shibuya? bisa di Tanah Abang, Pokoknya semua bisa lo dapetin di tanah air kita ini yang super duber kece.

Kang Jajang dan Beli Wayan, Duta Pariwisata Indonesia 2014 *InsyaAllah
Btw, gue shocked loh bulan lalu temen gue nghabisin lebih dari 40 juta buat berlibur di Raja Ampat. Mak bisa kali yak umroh bareng Syahrini kalau begono. Semahal itukah keliling di negeri kita ini?

Oke don't worry guys. Ngomongin keliling Indonesia, gue punya cara yang jauh lebih murah. Mau tahu banget atau mau sekedar tahu? Bodolah gue jawab aja, mari kita berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat dimana elo bisa berkunjung ke 34 provinsi, eh 33 provinsi denk (Provinsi Kalimantan Utara belum bergabung) hanya dengan Rp 10.000.
Woww woww yeahh oh my... 

Pagi menjelang siang hari itu suasana Bogor-Jakarta, tampaknya bakal panas seperti biasanya, berdebu seperti layaknya, dan lama kemungkinannya, Akhirnya kami memutuskan menggunakan Angkutan Perbatasan Terintergrasi Busway (APTB) dari Bogor ke Jakarta. Enggak perlu lah ya gue sebutin nama mereka satu-satu, ga layak banget mereka eksis di blog ini, muehehehe.

Dari Terminal Bubulak Bogor, kami menggunakan APTB jurusan Pasar Senen, turun di Halte Busway Cawang UKI.
Harga APTB = Rp 14.000, tempat duduk nyaman + AC
Selanjutnya, karena sudah terintegrasi, kami enggak perlu bayar busway lagi untuk transit di Halte Busway Cawang UKI. Selanjutnya, kami naik busway ke arah Halte Busway Pinang Ranti dan turun di Halte Busway Garuda Tamini. Lalu, kami melanjutkan perjalanan kurang dari 1KM itu dengan naik angkot T04/T05 dan sampailah di TMII *oke baca tulisan ini ga sepanjang dan secapek kenyataannya*.
Pindah Busway = Gratis; Angkot = Rp 2.500


Bali
Taman Mini Indonesia Indah itu ya kayak taman berbentuk mininya Indonesia yang indah. Jadi abis dari sana, elo bisa kaya pinter banget gitu pengetahuan tentang wawasan kebangsaannya. Mungkin skor Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) di tes CPNS bisa maksimal gitu atau mungkin bener semua, "Aminnnn" jawab ribuan pelamar CPNS.


taken by M. Kevin Bramantyo
Royal Palace of Palembang

Soalnya, semua yang berhubungan dengan Indonesia itu ada di sini. Mulai dari anjungan-anjungan daerah (Papua, Kalimantan Tengah, Riau, Jawa Tengah, Jakarta, Maluku, dsb) yang kece, museum-museum (Museum Penerangan, Perangko, Komodo, Keprajuritan Indonesia, dsb) yang pinter, wahana (Teater Keong Mas, Snow Bay, Istana Anak-anak, dsb) yang seru sampai replika monumen yang megah lengkap dengan informasi dan tour guidenya, hmm sama ada Artis Serial Mahabarata kalau kamu beruntung *terakhir gue ke sana, ada*. Jadi bukan cuma rumah adat atau baju adat aja, tapi juga knowledge tentang kearifan lokal bisa kita pelajari di sini.
TMII buka setiap hari pukul : 07.00 - 22.00 WIB (www.tamanmini.com)
Pokoknya bakal seru dancapek banget deh jalan ngelilingin hektaran TMII untuk bisa nengokin anjungan-anjungan daerah dan museum yang oke punya (disediain juga kok shuttle car+tour guide, goceng aja buat keliling). Kita bisa tahu budaya setiap daerah di Indonesia dalam sehari aja. Such an amazing and saving trip, right?
Tips: Bawalah ransel kecil, kamera bagus, sebotol air minum, dan permen. Hindari menggunakan sandal/sepatu baru yang kita belum tahu kenyamanannya. Kalau bisa pakai sepatu yang simple dilepas karena bakal lepas sepatu setiap masuk anjungan.

Selamat berkunjung ke Pesona Indonesia :D
Kang Jajang di Rumah Limas Riau
Rumah Gadang

Istana Anak-Anak


Bumi Etam Kalimantan

Jendela Rumah Gadang lengkap dengan Emak Malin
kalau dilihat dari atas, pulau-pulau mini ini adalah pulau-pulau Indonesia *brb naek gondola*

Turis Lokal di Anjungan Yogyakarta
Rumah Joglo, Jawa Tengah 
Keraton Jawa Tengah
Selfie 



9 comments:

  1. Wah asik juga yah dan hasil jepretannya bagus2 banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu banget emang. Murah meriah. Ah, masih belajar. Terima kasih yaa

      Delete
  2. Terakhir kesini waktu gue masih SD,
    setelah liat post ini kayaknya gue terprovokasi buat ke TMII ya, nanti meluncur kesana ah~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, waktu SD berapa tahun yang lalu noh? Wajib dicoba lagiii sist. :D

      Delete
  3. Replies
    1. Wkwkkwkw... boleh boleh.. tapi jalan kaki ya dari Bogor? hohoho.

      Delete
  4. Replies
    1. Please ya om, udah ga jamannya "muehehe".. wkkwkw.

      Delete
  5. da aku mah apa, belum pernah ke sana. :(

    ReplyDelete

I'll reply your comment as soon as possible

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...