Tuesday, October 7, 2014

Jogja: Adem, Ayem, lan Tentrem

Jogja Jogja tetap istimewaIstimewa negerinya istimewa orangnyaJogja Jogja tetap istimewaJogja istimewa untuk Indonesia
Rungokno iki GATRA seko NgayogyakartaNegeri paling penak rasane koyo swargoOra peduli dunyo dadi nerokoNing kene tansah edi peni lan mardiko
Tanah lahirkan tahta, TAHTA UNTUK RAKYATDi mana rajanya bersemi di Kalbu rakyatDemikianlah singgasana bermartabatBerdiri kokoh untuk mengayomi rakyat

Penggalan lirik lagu dari Jogja Hip Hop ini kayana emang mantap banget dah. Pas banget gambarin kota yang kece dan pecah ini. Enggak kaya yang disampein ama Tante Fl*rence mahasiswa salah satu PT terkemuka di Indonesia, yang namanya diambil dari patih Kerjaan Majapahit, yang lambang kampusnya berupa matahari/surya berlubang itu, (cukup jelaskan?) yang bicara semena-mena ama Jogja dan warganya.

Gue sendiri sebenarnya belum kenal banget ama kota ini, secara baru tiga kali ini gue ke Kota ini. Tapi, rasanya gue falling in love beud ama neh kota. Beberapa hal yang menurut gue bikin kota ini dicintai ama orang-orang termasuk gue, yaitu:

1. Jogja Tentram
Sebagai kota istimewa yang dipimpin oleh seorang sultan, jogja ini tergolong kota yang tentrem abis. Gue sih jarang banget denger berita kriminal di kota ini. Menurut gue, Sultan sudah bijak memimpin kota ini, dan partisipasi masyarakat Jogja juga sudah aktif dan baik. Kota ini paling memikat gue buat ngabisini umur tua nanti. Muehehehe.

2. Jogja Berbudaya
Kota ini kentel banget ama budayanya.
Gimana enggak, bangunan di sana aja kece abis dengan arsitektur kekeratonan.Ada Keraton Ngayogyakarta, Taman Sari, Mueseum, Pasar, Alun-alun dan sebagainya yang "budaya" abis. Selain itu, tradisi atau adat setempat yang masih dipelihara, menambah "budaya" abis kota ini. Belum lagi, makanan-makanan yang bisa menggoyang lidah, ciamik dah.



3. Jogja Kuliner Murah dan Enak
Sebagai orang yang pernah tinggal lama dan muter-muter di Jabodetabek, Jogfa ini emang destinasi kota kuliner yang super enak dan murah. Makanan-makanan super kreatif dengan fasilitas yang inovatif, murah abis dibandingin dengan kota besar yang lain. Harganya mungkin bisa setengah kali lebih murah. Kalau kamu mau lebih ngirit, Angkrngan menjadi destinasi yang bisa kalian coba.

4. Kota Wisata
Jogja ini kota yang minta banget dikunjungi tiap tahunnya. Jalan-jalan naek becak aja dah kece, apalagi belajar sejarah dan budaya Kekeratonan Ngayogyakarta. Cukup dengan Rp 10.000an aja lo bisa "ngobrak-ngabrik" sejarah dan budaya keraton yang ga ada duanya. Selain itu, kalian bisa wisata yang enggak kalah pecah, kayak di Jalan Malioboro, Tugu Muda, Taman Sari, Alun-alun, Pantai Selatan, Gua Pindul, dan sebagainya.
Tips: Jangan sungkan atau pelit buat sewa Tour Guide, karena informasinya bakal lengkap dan menarik. *Gue nyesel kemaren khilaf dan terpaksa ga pakai Tour Guide. Next InsyaAllah
Wilujeng Tempang Tahun Kota Yogyakarta, 258.
Wkwkwkw, ini kenapa pakai bahasa sunda, aing.

Sunggeng Tanggap Warsa, 258 Th. Semoga senantiasa ngangeni tentreme dan makin mendunia.

Jogjaaa-jogjaaaaa...


No comments:

Post a Comment

I'll reply your comment as soon as possible

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...